WHAT DO YOU THINK?

Terkadang suatu hal itu tergantung dari bagaimana kita menilainya. Ketika hal tersebut kita nilai negatif belum tentu bagi orang lain negatif juga. Begitu pun
sebaliknya. Oleh sebab itu, cobalah jangan terlalu sering berburuk sangka.
Belum tentu apa yang kita pikirkan adalah benar demikian. Mungkin ada hal lain di baliknya. Mungkin juga ada rencana lain di balik hal tersebut.
Memang benar, setiap hal itu pasti ada dua sisi yang berbeda. Ada sisi positif dan ada juga sisi negatifnya. Namun, cobalah berpikir positif. Mengapa demikian? Dengan membiasakan berpikir positif, sama halnya menjaga kalbu kita agar tetap terpancarkan aura yang positif dan akan senantiasa terjaga dari pikiran-pikiran jelek.
Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Apalagi itu adalah kesimpulan negatif. Cobalah klarifikasi. Sekalipun tidak menemukan klarifikasinya. Cobalah tetap berpikir positif.
“Eh … coba lihat itu!”
“Kayaknya mereka sedang doing something deh.”
“Wah ga bener ni!”
“Waduh … ini pasti hal menyimpang. Ga bener ni!”
“Tapi … masa sih betul gitu?”
Aku hanya menggeleng kepala. Mengernyitkan dahi. Sebenarnya tak mau menyimpulkan. Tapi, entah apalah daya. Pikiran ini kayaknya mulai ikut-ikutan mengumpat. Cepat-cepat aku menjauh dari obrolan kedua orang itu. Ya … paling tidak aku menghindari hal-hal yang membuat pikiranku tercemari. Pikiran negatif jelasnya.
Last, stay positivity gaes ….

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *